Kamis, 14 Juli 2011

Pesona Wisata dan Kerajinan Magetan 2011

Magetan, kota di kaki gunung Lawu. Kabupaten yang tak begitu luas, tapi indah dan menghadirkan sejuta pesona di dalamnya. Magetan memiliki daya tarik tersendiri. Selain pesona wisata yang menggairahkan, Magetan juga memiliki pusat dan sentra kerajinan yang menggiurkan. Inilah salah satu daya tarik tersendiri bagi Kabupaten Magetan.


Pusat kendali Pesona Wisata dan Kerajinan Magetan 2011 di pegang oleh Telaga Sarangan dan Kerajinan Kulit. Telaga sarangan adalah obyek wisata utama yang menjadi ikon kota magetan. Telaga Sarangan ibarat permata dalam cincin. Menyala dan bersinar terang. Sedangkan kerajinan kulit yang terkenal adalah LIK yang berada di jalan Sawo. Maka, sentra kerajinan kulit ini sering juga disebut dengan “jalan sawo” saja.
Selain Telaga Sarangan, Pesona Wisata dan Kerajinan Magetan yang sayang untuk tidak dikunjungi adalah air terjun. Diantaranya : “Air Terjun Pundak Kiwo”, “Air Terjun Watu Ondo”, dan “Air Terjun Jarakan”. Selain itu, bagi anda Pecinta Alam, bisa mendaki puncak Lawu lewat “Cemoro Sewu Resort” dan “Argo Dumilah”. Bagi pecinta buah dan sayur, ada juga kebun strawberry. Kita bisa petik langsung buah strawberry segar langsung dari pohonnya. Selain itu, sayur-mayur yang masih segar bisa kita temukan di pasar Plaosan. Selain itu, ada juga “sentra batik sidomukti”. Objek wisata diatas terletak di kecamatan plaosan.
Pindah ke selatan sedikit, Pesona Wisata dan Kerajinan Magetan 2011 tak kalah menarik. Tepatnya kecamatan Poncol. Air Terjun “Tirto Jiwo” siap menyambut kita dengan sejuk udara dan dingin airnya. Pindah ke timur, kecamatan Parang. Makanan khas “Tape Mategal” siap memanjakan lidah kita. Selain itu, bagi para pecinta pramuka, adapula “Bumi Perkemahan Jati Wekas”. Bergeser ke utara, tepatnya kecamatan Ngariboyo. Kerajinan “Kerupuk Rambak” siap anda cicipi. Ke utara lagi, di wilayah kecamatan Kawedanan, tepatnya di desa Giripurno ada sebuah obyek yang akan membangkitkan nuansa magis. Disini ada situs makam keramat Rangga Prawirodirjo beserta istrinya Madu Retno. Memang, objek ini belum menjadi objek wisata. Namun, setiap 1 suro (1 Muharram) tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh para penggemar “dunia lain”.
Tak cukup disini Pesona Wisata dan Kerajinan Magetan 2011. Pindah ke utara lagi, di kecamatan Bendo, ada sentra jeruk pamelo. Kembali wisata kuliner yang siap menggoyang lidah anda semua. Pindah ke utara lagi, di kawasan Maospati, ada tempat wisata modern, “Taman Ria Maospati”, ke barat di wilayah Sidorejo, ada wisata kuliner lagi! Makanan khas Magetan, “Jenang Candi”. Kemudian ke utara sedikit, diwilayah Panekan, tepatnya di desa Sadon, ada sebuah candi peninggalan sejarah. Candi ini namanya : ‘Candi Sadon”. Bergeser ke utara kembali, ada kerajinan gamelan. Tepatnya, di kecamatan Karangrejo. Bergeser ke barat-utara, sentra kerajinan bambu, desa Ringinagung. Ke timur, ada sentra batik “Sidomukti”.
Dan masih banyak lagi objek wisata yang bisa kita temukan di Magetan. Pokoknya, gak rugi kalau kita berkunjung ke Magetan. Pesona Wisata dan Kerajinan Magetan gak kalah banding dengan kota lain. Hehehehe J

0 komentar:

Posting Komentar

 
hostgator coupon